Kreartos

Tren Web Development Terbaru

11 Tren Web Development Terbaru di Tahun 2022 dan Seterusnya

Tren adalah kekuatan yang berubah-ubah dan bergantung pada satu era, terlepas dari motivasi praktis atau estetika apa pun yang dibawanya. Bahkan individu yang mengaku acuh tak acuh terhadap tren tertentu eksistensinya hadir dalam pertentangannya, karena ia menyadari isi dari kecenderungan sosial terhadap tren tersebut dan mendefinisikan diri dengan menentangnya. Karena itu, terlepas dari 11 tren web development terbaru berikut ini banyak diadopsi atau tidak di dunia digital, daftar-daftar berikut layak untuk Anda ketahui.

1. Progressive Web Apps (PWAs)

Aplikasi web progresif atau progressive web apps (PWAs) menerapkan metode pengembangan software terbaru yang memungkinkan Anda merasakan pengalaman menggunakan aplikasi mobile melalui browser. Teknologi ini tercipta karena dilema para pemilik website dan layanan online ketika hendak memilih mengembangkan mobile web atau mobile apps.

Berikut beberapa perubahan menguntungkan yang bisa Anda dapatkan dari PWAs:

  • Instalasi mulus
  • Menghemat ruang penyimpanan
  • Mengurangi biaya pengembangan
  • Sistem pembaruan dan pemeliharaan yang lancar
  • Peluncuran lebih cepat dalam menyasar pasar bisnis
  • Metode distribusi yang lebih fleksibel

Dari penelitian yang dilakukan oleh pihak Ericsson Mobile disebutkan bahwa lalu lintas data seluler di seluruh dunia 4,4 kali lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya dan mencapai angka 288 eksabita (EB) per-bulanan pada tahun 2027. Oleh karena itu, orang-orang akan lebih banyak menggunakan telepon pintar untuk memenuhi kebutuhan harian mereka. Selain itu, jaringan 5G akan membawa 62% dari seluruh lalu lintas data seluler yang akan menawarkan layanan seluler lebih responsif dan lebih cepat.

Menurut Statista, 9% perusahan eCommerce berinvestasi di PWA di tahun 2021. Selain itu, 8% agensi eCommerce melaporkan bahwa mereka telah memiliki Aplikasi Web Progresif untuk mendukung progres bisnis. Bahkan banyak brand dan perusahaan terkenal menikmati keuntungan yang cukup besar melalui tren ini. Oleh karena itu, PWA tidak diragukan lagi akan menjadi game-changer bagi bisnis Anda dalam menyongsong eras persaingan industri super digital.

2. Single Page Application (SPA)

Aplikasi satu halaman atau SPA adalah teknologi pengembangan web yang trendi dan banyak diminati. Tidak seperti aplikasi website konvensional, model ini berisi satu halaman yang awalnya memuat seluruh halaman website dan kemudian memuat konten dinamis pada halaman yang sama. HTML5 dan AJAX digunakan untuk membuat website SPA lebih responsif.

Selain itu, front-end JavaScript framework seperti Vue, Ember, React, dan Angular juga dapat menangani pengembangan SPA di sisi klien.

Berikut beberapa hal yang akan Anda dapatkan pada SPA:

  • Dukungan offline
  • Debug yang nyaman
  • Navigasi yang mudah dimengerti
  • Pemuatan halaman cepat dan bounce rate berkurang

Menurut penelitian, SPA dapat meningkatkan tingkat konversi hingga 37%, yang membantu bisnis menjangkau tarket pasar melalui konten yang diproduksi. SPA cocok bagi Anda yang ingin menyederhanakan navigasi pengguna dan meningkatkan keuntungan melalui loading page yang cepat.

3. Dark Mode User Interface (UI)

Tren mode gelap kini menjadi sangat populer di seluruh dunia, dan diperkirakan akan melambung lebih tinggi di tahun-tahun mendatang. Dengan pola visualnya, website bertema gelap memudahkan pengguna menjelajahi website melalui perangkat apa pun.

Selaras dengan penelitian Android Authority, 81,9% responden menerima penggunaan mode gelap di perangkat digital mereka, dan 9,9% berpindah antara mode terang dan gelap yang ditawarkan sebuah website. Hal ini turut ditegaskan melalui survei yang dilakukan oleh Polar di mana 95% pengguna internet lebih suka menggunakan mode gelap daripada mode terang.

Beberapa perusahaan teknologi besar seperti Google, Facebook, Reddit, dan Twitter bahkan telah menggunakan UI mode gelap untuk produk mereka, dan banyak lagi yang akan menggunakan teknologi yang kian tren ini.

Berikut beberapa kelebihan UI mode gelap:

  • Mengurangi produk cahaya biru yang berdampak buruk pada kesehatan
  • Menghemat pengunaan baterai
  • Membuat konten UI dapat diakses dan dibaca oleh semua orang
  • Menurunkan ketegangan mata bahkan dalam kondisi cahaya redup

Kian banyaknya web developer yang menyediakan fitur bawaan yang sama untuk berpindah antara mode terang ke mode gelap, tentu tren ini bisa diterapkan karena membawa hal baik pada kesehatan. Karena pola desain visualnya, website bertema gelap memudahkan Anda berselancar di setiap website dengan perangkat apa pun.

4. Tren Web Development Terbaru dengan Pencarian Suara

Anda tidak dapat mengabaikan tren pencarian suara. Diperkirakan tren ini akan lebih banyak digunakan di setiap website di tahun-tahun yang akan datang. Selaras dengan laporan Statista, pasar smart-speaker global akan mencapai angka lebih dari 35,5 miliar dolar AS pada tahun 2025 mendatang. Penelitian lain juga menegaskan bahwa pasar smart-speaker akan mencapai $27,16 miliar pada tahun 2026.

Dengan mempertimbangkan berbagai studi dan kondisi pasar saat ini, pengoptimalan tren web development terbaru dengan pencarian suara telah menjadi teknologi web development teratas. Anda harus memasukkannya ke dalam strategi teknis SEO website untuk tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan.

Anda dapat menggunakan Web Speech API untuk mengintegrasikan teknologi pencarian suara di aplikasi web. API memiliki dua komponen: SpeechSynthesis dan SpeechRecognition. SpeechSynthesis adalah elemen text-to-speech yang memungkinkan skrip membaca konten berupa teks.

5. Accelerated Mobile Pages (AMP)

Tren web development AMP bertujuan untuk mempercepat fungsionalitas halaman dan mempertahankan pengunjung agar betah berselancar di website Anda. Cara kerja tren ini sangat mirip dengan PWA.

Tren ini menerapkan halaman yang dioptimalkan melalui tampilan desain yang nyaman dan disederhanakan dengan fitur dasar. Selain itu, halaman-halaman pada tren web development terbaru ini lebih responsif secara seluler sehingga kontennya mudah dibaca.

Tren web development ini lebih menunjukkan bahwa internet semakin berpusat pada penggunanya. Meskipun sekarang kita memiliki teknologi internet 5G dan banyak perusahaan memilih untuk membuat aplikasi asli untuk meningkatkan user experience (UX), plugin AMP membantu bisnis Anda menghemat pengeluaran untuk UX dan menjangkau terget pengguna lebih efektif. Dengan tren ini Anda dapat berharap untuk melihat ceruk pasar dengan produk yang lebih kecil, namun, bisa bersaing dengan penguasa pasar global.

6. Chatbot yang Didukung Perangkat AI

Pada tahun 2022 dan seterusnya, AI-Powered Chatbots atau chatbot berkemampuan AI menjadi lebih fleksibel dalam memenuhi kebutuhan pengguna internet. Tren ini didukung dengan sistem pemrosesan bahasa alami, machine learning, dan metode pengambilan data AI.

Selain membantu perusahaan beroperasi lebih cepat dengan obrolan teks atau suara, chatbot AI juga meningkatkan user experience perusahaan. Anda dapat mengumpulkan informasi, memperbaiki masalah, dan menjawab pertanyaan secara instan dengan pengalaman digital yang lancar.

Banyak perusahaan B2C mulai menerapkan tren ini dan melayani klien mereka dengan chatbot AI, baik dengan menggunakan Skype, WhatsApp, atau Facebook. Diperkirakan akan lebih banyak perusahaan menggunakan tren web development chatbot AI pada tahun 2022 dan seterusnya.

Fun fact: Tren ini akan sangat menguntungkan bagi industri keuangan, pendidikan, hospitality, dan kesehatan.

7. Tren Web Development dengan Arsitektur Tanpa Server

Sejak pandemi Covid-19 hadir dan konsep work from home mulai diterapkan, tren Cloud SaaS mulai dimaksimalkan. Hal ini turut membuat tren arsitektur web development tanpa server mulai digunakan. Tren ini bahkan berkembang pesat.

Berdasarkan data State of the Cloud Report yang diterbitkan oleh perusahaan penyedia software, Flexera, 99% perusahaan menggunakan setidaknya satu cloud pribadi atau publik untuk aktivitas kerja. Ini menunjukkan bahwa arsitektur cloud yang tak membutuhkan server akan menjadi tren pengembangan web masa depan yang signifikan.

Tren arsitektur tanpa server ini menawarkan beberapa manfaat sebagai berikut:

  • Akses keterjangkauan yanglebih mudah.
  • Peningkatan skalabilitas
  • Sistem pemeliharaan terjadwal

Beberapa perusahaan yang menggunakan tren ini adalah Microsoft, Google, dan Amazon.

8. Motion UI

Tren web development Motion UI berfokus pada penggunaan desain web kreatif. Jika selama ini perusahaan Anda lebih terfokus pada user experience dan menginvestasikan sedikit sumber daya mereka pada visual website, maka tren ini bagus untuk Anda terapkan.

9. Internet of Things (IoT)

Internet of Things (IoT) adalah salah satu tren teknologi paling vital yang telah mengubah masa depan web development. IoT membuat banyak perangkat yang mudah diakses melalui perangkat seluler.

Tren ini memudahkan perusahaan menyediakan layanan agar terhubung dengan target pasar secepat mungkin, dengan mode user experience yang dipersonalisasi. Google Nest Smart Speakers adalah salah satu perangkat IoT paling populer saat ini.

Dengan IoT, Anda dapat membuat komunikasi lanjutan antara model fungsional website dan tata letaknya. Tren ini menawarkan berbagai hal seperti perangkat sinyal, kamera, dan sensor. Anda juga dapat menangani persoalan yang dihadapi klien perusahaan secara lebih efisien dengan respons yang tepat waktu.

Beberapa manfaat eksklusif dari teknologi IoT adalah:

  • Keandalan yang mumpuni
  • Skalabilitas yang memadai
  • Keamanan dan dukungan yang mudah didapatkan

Berdasarkan laporan Statista, perangkat yang terhubung dengan IoT akan mencapai hampir 25,4 miliar pada tahun 2030. Ini membuktikan bahwa IoT adalah salah satu teknologi web development yang tumbuh paling cepat.

10. Mobile-First Development

Tren web development dengan pendekatan selular selalu mampu tampil terdepan. Ini semua disebabkan oleh banyaknya pengguna internet yang menggunakan gadget sebagai akses utama kegiatan mereka. Dalam hal inilah mobile-first development memiliki peluang terdepan. Sesuai dengan data dari Statista, model website yang disesuaikan dengan perangkat seluler mencakup lebih dari 57% tampilan halaman web secara global pada Agustus 2021. Karena perangkat ini mendapatkan lalu lintas maksimum, maka, menggunakan pendekatan web development yang mengutamakan perangkat seluler menjadi sangat penting.

11. Tren Web Development Terbaru dengan Teknologi Blockchain

Konsep cryptocurrency muncul pada tahun 2004, dan kita harus berharap banyak dari teknologi web development ini pada tahun 2022 dan seterusnya. Secara global, ada hampir 80 juta pengguna dompet blockchain pada akhir November 2021. Teknologi blockchain juga membutuhkan dukungan perangkat lunak dan perangkat keras, infrastruktur perdagangan, dan juga regulasi hukum.

Oleh karena itu, teknologi web yang berkembang akan mencakup fitur-fitur ini di tahun-tahun mendatang. Fungsi blockchain harus aman dan terlindungi dari kesalahan teknis dan peretasan. Beberapa bank besar bahkan akan membuat algoritma khusus untuk melindungi data pengguna dan mengamankan perdagangan kripto mereka.

Jaringan peer-to-peer juga terus dibangun. Ketika teknologi ini menjadi lebih mudah diakses dan dapat diandalkan oleh banyak orang, itu akan menyebabkan transformasi besar-besaran pada cara kita berkomunikasi dengan layanan pemerintah, pembayar pajak, dan membuat koneksi profesional. Ceruk baru yang perlu diperhatikan!

Kesimpulan

Daftar tren web development di atas bisa jadi akan mengubah cara bisnis berkomunikasi dengan kliennya, baik pada tahun 2022 ini atau seterusnya. Menggunakan tren-tren tersebut tentu akan meningkatkan user engagement perusahaan Anda dan membantu bisnis Anda tetap terdepan dalam persaingan pasar global yang kian bebas.

Salah satu syarat terbaik untuk menggunakan tren web development terbaru di atas adalah dengan memilih perusahaan web development terkemuka yang memahami kebutuhan perusahaan Anda. Untuk lebih lanjutnya Anda bisa langsung konsultasikan bersama tim profesional kami melalui link di bawah ini: