Kreartos

Manfaat Jasa IT Consultant

5 Manfaat Jasa IT Consultant Bagi UMKM

Pelaku UMKM tidak hanya dituntut mengembangkan ceruk pasar semata. Namun, harus dapat membuat bisnis tetap berjalan relevan. Karena itu, Anda mesti mengikuti perkembangan teknologi agar segala sesuatu tetap berjalan seiring dengan perkembangan zaman. Salah satu caranya adalah menggunakan manfaat jasa IT Consultant.

Alih-alih menggunakan tim IT internal, sementara UMKM Anda belum terlalu memiliki anggaran bulanan untuk menggaji mereka. Menggunakan jasa IT Consultant akan membuat Anda fokus pada ekspansi bisnis di ranah digital, tanpa harus terbebani anggaran bulanan yang harus dikeluarkan untuk menggaji IT tetap Anda.

Kenapa UMKM Membutuhkan Jasa IT Consultant?

Seiring zaman berkembang, persoalan IT turut menjadi kebutuhan primer perusahaan. Beberapa perusahaan bahkan mulai menggunakan jasa IT Consultant untuk menggantikan tim IT internal mereka. Melalui jasa ini perusahaan akan mendapatkan penilaian atas strategi teknologi yang digunakan, potensial atau tidak strategi tersebut bagi pemasaran, dan selaraskah dengan tujuan dan kebutuhan utama bisnis.

Layanan IT Consultant dapat mencakup satu atau beberapa dukungan konsultasi. Sederhananya tergantung kebutuhan yang Anda perlukan dari fase-fase berikut ini:

  • Fase strategis
  • Fase arsitektur
  • Fase operasional
  • Fase implementasi

Setiap bisnis memiliki keunikan masing-masing, memiliki tujuan, kebutuhan, tantangan, dan cara-cara khusus untuk dapat terus berkembang. Di sinilah IT Consultant dibutuhkan, yakni untuk memberikan saran yang dapat dipercaya dan terinformasi dengan baik kepada Anda, yang tentunya disesuaikan dengan setiap elemen bisnis yang Anda miliki.

Manfaat Jasa IT Consultant untuk UMKM

Terdapat ragam manfaat jasa IT Consultant ketika Anda memilih untuk menggunakannya.

Berikut 5 manfaat jasa IT Consultan bagi UMKM agar tetap bisa bersaing menembus niche pasar digital:

1. Mengatasi Downtime Sehingga Fokus pada Pengembangan Bisnis

Dalam mengembangkan website UMKM, hal terakhir yang tidak Anda inginkan adalah downtime atau waktu henti. Saat sistem di website gagal beroperasi, tentu akan ada persoalan yang muncul. Singkatnya, hal teknis seperti ini dapat menghentikan produktivitas dan mengganggu pekerjaan.

Segala persoalan IT tersebut tentu dapat membuat Anda kehilangan waktu yang berharga. Sementara itu, untuk membayar kayawan khusus IT setiap bulannya adalah hal yang belum bisa Anda lakukan.

Menggunakan jasa IT Consultant adalah opsi terbaik yang bisa Anda pilih. Downtime akan teratasi dan Anda tetap bisa fokus pada pengembangan bisnis kecil yang saat ini sedang Anda tekuni.

2. Menghemat Pengeluaran Bisnis

Meminimalkan biaya operasional perusahaan adalah hal yang wajar. Karena itu, bagi UMKM yang belum bisa menggunakan tim IT tetap. Tersebab akan selalu ada pengeluaran yang terkadang tidak perlu dan masih bisa diatasi setiap bulannya. Menyewa jasa IT Consultant untuk satu kali persoalan IT adalah hal yang tepat. Dengan ini Anda dapat mengatasi persoalan perusahaan dan tentunya biaya yang dikeluarkan tidak harus setiap bulan.

3. Anda Hanya akan Membayar Apa yang Anda Butuhkan

Seperti pembahasa sebelumnya, ketika Anda menggunakan tim IT tetap, tentu ada biaya bulanan yang akan selalu Anda keluarkan untuk menggaji mereka. Berbeda dengan menyewa jasa IT Consultant, hanya ada biaya untuk apa yang Anda butuhkan. Di luar itu, Anda tidak perlu lagi memikirkannya.

4. Meningkatkan Produktivitas

Terlepas apa pun bisnis Anda, ia harus tetap beroperasi seperti mesin yang diminyaki dengan baik. Karena itu, Anda harus memiliki pemetaan yang jelas tentang apa yang harus dilakukan, dan bagaimana caranya agar langkah tersebut dapat berjalan tanpa hambatan.

Menggunakan jasa IT Consultant profesional tentu akan membuat Anda mendapat wawasan baru di sepanjang harinya. Sementara itu, Anda juga akan memiliki pakem kuat perihal basis data, pengelolaan server, sistem internet, bahkan platform seluler Anda juga akan bekerja secara sinkron, selaras, dan saling terhubung satu sama lainnya.

Yang Anda butuhkan kemudian hanyalah rencana untuk struktur yang kohesif, dengan pengetahuan mumpuni dari tim profesional yang telah disiapkan oleh penyedia jasa IT Consultant Anda.

5. Tim Ahli yang Mumpuni

Rata-rata UMKM mungkin belum memiliki anggaran khusus untuk tim IT tetap setiap bulannya. Pun, kalau ada tentu akan kesulitan dalam mendapatkan sosok yang mumpuni dan berpengalaman menangani ragam persoalan. Sebab, mereka yang profesional tentu memiliki permintaan gaji yang seimbang.

Namun, dengan menggunakan jasa IT Consultant profesional tentu Anda akan mendapatkan tim ahli yang akan mentransformasikan setiap pengetahuan tanpa harus mengeluarkan biaya besar setiap bulannya.

Kesimpulan

Di era sekarang UMKM memiliki peluang besar dalam menembus pasar digital. Hanya saja, keterbatasan anggaran membuat Anda berpikir panjang akan hal ini. Tenang, selalu ada solusi atas segala persoalan. Anda bisa menggunakan jasa IT Consultant yang tidak harus membuat Anda mengeluarkan anggaran setiap bulannya. Di sini Anda hanya perlu membayar atas apa yang Anda butuhkan, dan biarkan IT Consultant mencari solusi untuk persoalan IT bisnis Anda.

Tertarik untuk menggunakan jasa IT Consultant? Klik link di bawah ini dan langsung konsultasikan bersama tim ahli kami:

Mulai Konsultasi