Kreartos

Keuntungan IT as a Service

Keuntungan IT as a Service Bagi Perusahaan Rintisan

Teknologi informasi bukan lagi barang langka. Ia telah menjadi komoditas fudamental yang berkontribusi secara cepat pada pertumbuhan bisnis modern. Bahkan konsep IT sebagai layananan telah banyak diadaptasi perusahaan. Sebab, banyak keuntungan IT as s Service (ITaaS) terhadap bisnis di era sekarang.

IT as s Service adalah model layanan bisnis berbasis cloud yang semakin populer digunakan. Layanan ini mampu memberi dukungan terhadap hardware dan software IT perusahan Anda. Model layanan terkelola ini mampu menangani arsitektur teknologi bersifat end-to-end. Apapun jenis bisnis Anda, baik perusahaan rintisan atau perusahaan besar model layanan akan sangat membantu.

Dari data yang dijabarkan oleh Market Screener diperkirakan terdapat peningkatan pendapatan sebesar 31% di sektor layanan IT dalam lima tahun ke depan. Sementara perusahaan dari semua ukuran sedang beralih ke model layanan ini, sebab keuntungan IT as s Service sangat bermanfaat bagi ragam jenis bisnis khususnya rintisan.

Keuntungan IT as a Service

IT as a Service tidak hanya perkara layanan semata. Ini adalah model bisnis yang dapat mendukung kebutuhan tim yang ada di departemen internal IT Anda. Memadukannya dengan kebutuhan departemen IT membuat Anda dapat mengurangi kebutuhan terhadap penggunaan teknologi yang tak lagi terpakai. Adanya ini tentu dapat menciptakan nilai lain dari bisnis yang Anda miliki – khususnya untuk perusahaan rintisan.

Poin utama dalam hal ini adalah, IT as a Service mampu mendorong inovasi bisnis dalam model berkelanjutan yang bergerak seiring dengan kebutuhan pasar. Berikut beberapa keuntungan praktis IT as a Service bagi perusahaan rintisan:

  • Investasi minimal dengan layanan biaya IT dimuka
  • Biaya yang yang dikeluarkan dapat diprediksi dan transparan karena berbasis langganan tanpa lonjakan overhead
  • Potensi keuntungan yang tinggi
  • Pemantauan dan dukungan sistem 24 jam penuh
  • Pembaruan keamanan cloud sering dilakukan
  • Nol depresiasi hardware dan software
  • Skalabilitas yang efisien

Keuntungan-keuntungan tersebut merupakan prasyarat yang jelas bagi perusahaan rintisan untuk sukses, di mana skalabilitas adalah hal yang utama. Perlu diketahuii, IT as a Service merupakan layanan berlangganan yang disediikan oleh perusahaan jasa IT development, sehingga mengenai peningkatan dan pengurangan pengeluaran Anda terhadap layanan ini akan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang pastinya melihat tingkatan modal perusahaan Anda.

IT as a Service juga akan mencegah pembengkakan biaya saat perusahaan Anda sedang mengalami kendala keuangan, dan mampu mempercepat pertumbuhanbisnis saat modal perusahaan Anda mencukupi.

Mengapa Perusahaan Rintisan Layak Menggunakan IT as a Service?

Kelincahan dalam Menembus Pasar

Cerdas dan taktis adalah hal yang sangat penting dalam menembus pasar. Keuntungan IT as a Service ada dalam hal ini. Model ini akan memberi manfaat kompetitif terhadap perusahaan rintisan Anda. Sebab memudahkan infrastruktur IT Anda dikelola dari jarak jauh, sehingga tim IT internal dapat fokus pada pengembangan, pembiayaan dan perawatan terhadap infrastruktur internal, dan peluncuran produk baru.

Tidak Ada Beban Overhead

Pengeluaran berlebih di awal akan membunuh pertumbuhan perusahaan rintisan, tetapi ITaaS dapat mempercepat pertumbuhan perusahaan tanpa beban overhead yang berlebihan. ITaaS membangun departemen IT yang dapat diskalakan ke dalam model bisnis yang Anda miliki. Pun dapat menghilangkan ancaman penundaan, karena biaya SDM yang berlebihan, sementara perusahaan Anda baru saja baru berjuang untuk menyeimbangkan pertumbuhan bisnis dengan keterbutuhan karyawan

Investor Lebih Memilih ITaaS

Investor adalah pondasi utama perusahaan rintisan. Dan ITaaS memungkinkan perusahaan dapat mengelola IT secara strategis, dengan efisiensi dan fleksibilitas. Sebagai perusahaan rintisan, tentu Anda menyadari manfaat ini juga berhubungan dengan kebutuhan investor Anda: investor ventura (mitra) tentu memahami bahwa arsitektur ITaaS dapat melakukan pekerjaan terbaik untuk menyelaraskan IT dengan model bisnis di lingkungan perusahaan rintisan yang ingin mereka berikan dana investasi.

Misalnya, skala ITaaS berdasarkan konsumsi pengguna dan beradaptasi dengan perubahan alami dalam produktivitas, sehingga perusahaan rintisan hanya dapat membayar apa yang mereka konsumsi, alih-alih berurusan dengan infrastruktur yang tidak terpakai yang terdepresiasi di ruang server, tentu akan menjadi investasi yang sia-sia di mata investor Anda.

Memudahkan Anda dalam Mengikuti Peraingan Bisnis

Perusahaan menengah atau besar telah mengubah infrastruktur perusahaan mereka agar dapat beradaptasi dengan model layanan teknologi mutakhir. Karena itu, Anda yang baru hadir dan baru matang perlu memanfaatkan ITaaS jika ingin bertahan lama menembus tren bisnis yang mulai banyak berbasis cloud computing.

ITaas Menciptakan Model Bisnis Universal

Seperti yang disebutkan sebelumnya, keuntungan IT as a Service dapat memberi manfaat lebih bagi perusahaan rintisan. Terlepas bisnis Anda sudah matang atau masih berkembang, mengevaluasi infrastruktur IT dan menyelaraskannya dengan tren transformasi digital saat ini adalah kunci keberhasilan perusahaan. Bisnis Anda harus membuat langkah tepat untuk terus mengevaluasi opsi teknologi yang mumpuni.

Kesimpulan

Dalam mengembangkan perusahan rintisan atau yang kita kenal dengan startup, tentu butuh waktu dan taktik yang mumpuni. Dalam hal ini, Anda perlu ragam opsi terbaik dan mutakhir agar bisnis mampu bersaing menembus pasar yang lebih luas lagi. Dengan mempertimbangkan keuntungan IT as a Service di atas, Anda telah membuka peluang agar bisnis Anda terus berkembang.

Tertarik untuk memahami lebih lanjut lagi mengenai IT as a Service? Langsung konsultasikan bersama tim profesional kami melalui link di bawah ini: