Kreartos

ReactJS dan NodeJS

ReactJS dan NodeJS: Kombinasi Apik Pengembangan Website

Dalam membangun website Anda membutuhkan framework yang berguna membantu tim IT menuliskan kode agar lebih terstruktur dan tersusun rapi sehingga dapat meminimalisir penulisan berulang. Dalam framework tersebut terdapat dua teknologi modern yaitu ReactJS dan NodeJS. Dua hal ini dapat Anda jadikan kombinasi apik untuk mengembangkan aplikasi website agar lebih menarik.

Apa itu ReactJS?

ReactJS adalah perpustakaan front-end JavaScript yang memungkinkan Tim IT Anda untuk membuatan elemen user-interface jadi lebih menarik. Ini akan membantu Anda mengembangkan aplikasi website dalam skala besar dengan tampilan dinamis berbasis data. Selain itu, ReactJS juga akan mengikuti respons dan fungsionalitas tinggi yang mampu disesuaikan pada beberapa perangkat yang tersedia.

Berdasarkan survei pengembang yang dilakukan Stack Overflow, ReactJS adalah framework website paling umum digunakan dan juga sangat populer. Model desain yang sederhana memberi kenyamanan dan kemudahan untuk membangun aplikasi berbasis web yang dapat diskalakan tanpa bahasa pemrograman yang rumit. Beberapa aplikasi populer yang menggunakan ReactJS antara lain adalah WhatsApp, Instagram, Netflix, Uber, Airbnb, dll.

Apa itu NodeJS?

NodeJS adalah bahasa pemrograman opensource yang dibuat pada mesin JavaScript V8. Bahasa pemrograman ini dapat dijalankan di berbagai platform dan dapat mengurangi proses serta waktu pengembangan dari sebuah aplikasi website. NodeJS dapat menghindari Anda dari duplikasi data yang terjadi dalam sebuah pengkodean ketika menggunakan JavaScript.

Berdasarkan keterangani W3Tech, hampir 30 juta developer website website telah menggunakan NodeJS untuk mengembangkan website yang mereka buat. Hal ini dikarenakan NodeJS menggunakan model single-threaded yang dapat mengatasi buffering saat tim IT fokus menyelesaikan input dan output dari website yang sedang dibuat.

Bisakah ReactJS dan NodeJS dikombinasikan?

Jika NodeJS memungkinkan Anda untuk membuat RESTful API yang lebih skalabel dan cepat. Di sisi lain, ReactJS merupakan perpustakaan front-end JAvaScript yang dapat menciptakan user-interface interaktif. Maka, dengan mengombinasikan kedua teknologi ini tentu Anda dapat membangun aplikasi berbasis web yang lebih kompleks dan skalabel secara cepat dan tepat dan bersamaan.

Mengapa Anda harus mengombinasikan ReactJS dan NodeJS?

Ada beberapa alasan khusus mengapa Anda harus menggunakan kombinasi apik dua teknologi JavaScript ini untuk mengembangkan website.

Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Skalabilitas

Kombinasi NodeJS dan ReactJS memungkinkan Anda untuk membangun aplikasi web dinamis dalam skala besar, dengan berbasis data yang responsif di beberapa perangkat pengguna.

2. Paket yang lengkap

ReactJS dan NodeJS juga merupakan bagian dari MERN Stack. Ini merupakan kombinasi kombo yang terdiri dari MongoDB, Express, React, dan Node.js. Dan tidak ada kombo yang lebih baik dari framework MERN Stack ini, yang dapat memberikan dimensi unik pada website Anda. Anda dapat menggunakan Node.js dengan MERN Stack bersama dengan React.js.

3. API JSON

API JSON (JavaScript Object Notation) sangat kompeten untuk mengembangan website, karena dapat menggunakan ulang koding yang kompleks dengan akses ke berbagi kode langsung di ReactJS. Dan melalui NodeJS secara efektif Anda dapat mengakses kode-kode tersebut.

4. Real-time data

Jika Anda ingin mengembangkan aplikasi bisnis yang dapat menangani manajemen data secara real-time atau bertujuan untuk membangun aplikasi streaming data, Anda harus menggunakan NodeJS karena aplikasi yang Anda buat tersebut memerlukan koneksi server yang berkelanjutan. Dan dengan NodeJS serta REactJS Anda bisa mendapatkan hal tersebut.

5. Cepat dalam sisi pengembangan website

Saat menggunakan kombinasi ReactJS dan NodeJS, Anda akan mendapatkan Return on Investment (ROI) yang lebih tinggi, karena hemat anggaran serta waktu. Bagaimanapun, kombinasi ini bekerja dengan sangat baik dan efektif dalam mengembangkan website yang dapat berfungsi secara cepat dan mudah dirawat.

6. Mudah dalam membuat Single Page Application

Jika Anda ingin membuat aplikasi satu halaman dengan pemuatan data asinkron. Maka, Anda harus memilih ReactJS dan Node, karena kombinasi ini sangat memungkinkan bagi Anda untuk membuat model back-end yang ringan.

7. Bahasa Tunggal untuk Front-end dan Back-end

Dengan kombinasi Node dan React, tim pengembang Anda tidak perlu mempelajari bahasa back-end yang rumit seperti Python atau Ruby. Mereka dapat menggunakan NodeJS untuk pengembangan sisi server dan ReactJS untuk membuatan kode front-end tanpa beralih antara kerangka kerja dan bahasa pemrograman. Ini sangat menghemat sumber daya, uang, dan waktu.

8. Penyeimbang beban server yang tinggi

Kombinasi NodeJS dan ReactJS dapat menyeimbangkan permintaan dan juga beban server yang tinggi saat tim Anda mengembangan aplikasi berbasis web.

9. Proses yang lebih terorganisir

Kombo mematikan dari ReactJS dan NodeJS dapat mengembangan website yang terorganisir. Bagaimanapun, kombinasi ini sangat terukur, efektif, dan cepat. Saat bekerja bersama, mereka dapat membantu Anda membangun situs web yang berfungsi tinggi.

10. Satu bahasa JavaScript untuk setiap aspek

Dengan NodeJS dan ReactJS Anda dapat menggunakan bahasa JavaScript secara total untuk membangun kode front-end dan back-end. Kombinasi ini akan memberikan lebih banyak kebebasan dan kenyamanan saat membuat website atau aplikasi berbasis web, karena menggunakan satu bahasa untuk setiap aspek.

Kesimpulan

Kombinasi NodeJS dan ReactJS adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mengembangkan website atau aplikasi berbasis web modern agar lebih responsif dengan tata kelola data dalam jumlah besar.

Selain itu, model desain fleksibel ReactJS dapat memberikan kenyamanan dan kebebasan dalam membangun elemen user-interface agar dapat memudahkan pengguna saat mengakses website Anda. Sebaliknya, struktur event-driven pada NodeJS juga memungkinkan Anda untuk menangani persoalan traffic kunjungan pengguna dalam jumlah besar dan tentu juga lebih efektif.

Tertarik untuk mengembangkan website impian agar bisnis Anda terus berkembang di era pemasaran digital ini? Anda bisa konsultasikan langsung bersama tim profesional kami melalui link di bawah ini:

Mulai Konsultasi